Cerita Akhir Pekan

Akhir pekan kemarin, tanggal 27 dan 28 Juli dihabiskan dengan program kegiatan sosialisasi di tempat ramai untuk Fatah. Ada dua kegiatan yaitu buka bersama muslim/ah internasional di Chiba dan Chigusadai matsuri.

1. Bukber muslim/ah internasional di Chiba.

Kegiatan ini berlangsung tanggal 27 Juli. Sebenarnyanya ide utama kegiatan ini adalah kegiatan bukber muslim/ah dari Indonesia. Di awal Ramadhan, aku mengajak ibu-ibu yang tinggal di sekitaran Chiba untuk mengadakan bukber ini.  Alhamdulillaah semuanya merespon dengan positif. Aku yang mengkoordinasikan ibu-ibunya sedangkan suami kebagian tugas mengkoordinasikan bapak-bapaknya. Dari seluruh orang yang bersedia bersama-sama mengadakan bukber ini dibagilah menjadi 3 kelompok; kelompok pertama untuk minggu pertama Ramadhan, kelompok kedua untuk minggu ketiga Ramadhan dan kelompok ketiga untuk minggu keempat Ramadhan. Kegiatan ini murni dari kegiatan sosial yang sokongan dana bukbernya adalah uang pribadi.

Nah, ternyata di kemudian hari, kelompok kedua bergabung dengan kelompok ketiga dan sekalian menjadi kelompok yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan bukber untuk muslim/ah internasional. Karena banyaknya prediksi jumlah peserta bukber, akhirnya anggota kelompok 1 juga ikut membantu masak-masak. Teman-teman muslim/ah dari negara lain juga membawa makanan khas negara masing-masing.

Menu utama bukber kali ini adalah sate ayam dan sate kambing. Aku kebagian membuat kue dan menggoreng kerupuk. Kali ini aku membuat kue cheese cake yang super gampang yang pembuatannya menggunakan blender 🙂 Ini menu andalan di keluarga kami. Suami dan aku suka dengan resepnya.

Fatah karena dari sore sekitar pukul 5 sudah lari-lari di halaman tempat bukber, sekitar pukul 7.30 malam dia sempat-sempatnya tidur. Alhamdulillaah sekitar pukul 8.30, dia bangun. Malam itu kita pulang pakai sepeda di tengah hujan. Bersyukur Fatah mendapatkan pinjaman jas hujan.

2. Chigusadai Matsuri

Dalam bahasa Jepang, matsuri itu berarti pesta atau perayaan. Chigusadai matsuri ini dilakukan tiap tahun di kompleks apato kami. Dilaksanakan setiap musim panas, sekitar bulan Juli atau Agustus. Tahun ini diselenggarakan tanggal 27-18 Agustus. Karena tanggal 27 Agustus kami sudah datang di bukber internasional, aku dan Fatah baru ke Chigusadai matsuri ini hari minggunya. Berdua saja dengan Fatah, karena suami mempunyai kegiatan di Tokyo.

Sekitar pukul 5 sore, aku dan Fatah ke Chigusadai matsuri. Belum terlalu ramai. Pertama kali kami mendatangi tempat akan diadakannya acara arak-arakan sambil bernyanyi bersama. Biasanya kegiatan ini di malam hari. Tahun kemarin, karena ada suami, aku dan Fatah sempat menyaksikannya. Tahun ini karena suami gak ada dan kebetulan juga lagi berpuasa, cukuplah puas datang hingga pukul 18.30.

IMG_1727

Tempat akan diadakannya arak-arakan bernyanyi bersama

IMG_1731

Peserta yang datang pertama kali 🙂

Sekitar pukul 18.00, semakin ramai orang yang datang ke Chigusadai matsuri. Yang jualan juga semakin ramai. Ada jagung bakar, gurita bakar, es serut, mie goreng, dan lain-lain. Fatah juga mulai bisa beradaptasi di tempat ramai. Bersama dengan anak seorang teman, dia asyik bermain balon (balon yang dipegang Fatah di gambar di atas). Karena balon ini ada karetnya, jadinya memainkannya seperti yoyo.

Yang paling senang adalah meskipun ada banyak yang jualan, tempat acaranya tetap terlihat bersih. Rupanya panitia sudah mengantisipasi dengan menyediakan kotak-kotak sampah barang terbakar dan botol-botol di beberapa tempat. Orang-orang yang datang juga langsung membuang sampah mereka ke tempat yang telah di sediakan. Kebanyakan orang yang datang ke acara ini, baik anak-anak atau orang dewasa, datang dengan menggunakan yukata. Yukata ini memang pakaian khas di setiap acara yang diadakan selama musim panas di Jepang.

IMG_1734

Salah satu pojokan di Chigusadai matsuri

IMG_1732

Pojokan yang lain

IMG_1737

Kotak-kotak sampah sederha yang berada di berbagai pojokan

Sepulang dari Chigusadai matsuri ini, setelah menemani saya berbuka, dan kami berdua makan malam, Fatah langsung tertidur sekitar pukul 19.30.

Iklan

25 pemikiran pada “Cerita Akhir Pekan

  1. Mbakkkkk…. aku dapetnya di chiba university lohhhhh! Aku dateng tgl 23 sept dan sementara tinggal di internasionsl house 😉 mohon bimbingannya ya mbakkkk….

  2. Aaaah, ternyata dirimu juga ada acara bukber ya, Fet. Rasanya pasti hangat terharu gimana gitu ya.
    Jadi waktu ke Chigusadai Matsuri, dirimu ikutan jajankah ato masih belum waktu berbuka ? Ngiler ya pastinya…heu heu heu…

  3. Fatah kaya jepang gitu ya… 🙂
    temenku juga ada yang tinggal di Jepang sana udah lama…anaknya (meski kata Bapaknya item) kaya Takeshi gitu….
    ih lucu deh Fatah…. nggemesin….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s