[SPIdJ] Hoikusho Sanka

Hoikusho sanka terbentuk dari dua kata hoikusho yang berarti tempat menitipan anak dan sanka yang artinya bergabung. Jadi, secara bebas hoikusho sanka berarti bergabungnya orang tua dalam kegiatan anak-anak di tempat penitipan anak.

Di sekolah Fatah, hoikusho sanka ini dilakukan 2 kali setahun. Hoikusho sanka yang kedua yang diadakan untuk tahun ajaran April 2012-Maret 2013 diselenggarakan bulan Februari 2013.

Karena menurutku acara ini adalah acara yang penting, jadi memang selalu diagendakan untuk datang. Biasanya para guru di sekolah Fatah mengingatkan tentang hoikusho sanka ini satu minggu sebelum hari H. Hanya sekedar mengingatkan karena sebenarnya jadwal pelaksanaan hoikusho sanka sudah dituliskan di lembar kegiatan bulanan sekolah yang senantiasa dibagikan setiap awal bulan.

Fatah masih berada di kelas 0 tahun, sehingga kegiatan hoikusho sanka ini masihlah berupa kegiatan bermain bersama. Kegiatan ini dimulai pukul 9.30 pagi hingga waktu makan siang anak sekitar pukul 11.30. Kegiatan utamanya adalah bermain, bincang-bincang informal dengan para guru dan menyuapi si kecil. Bagiku, mengikuti kegiatan ini membuatku mempunyai gambaran detil tentang kegiatan Fatah selama kurang lebih 8 jam/5 hari dalam seminggu di sekolahnya.

Jadi tahu juga, bagaimana Fatah berinteraksi dengan guru-guru dan teman-temannya. Kalau kuamati setiap hari, meskipun sudah hampir setahun Fatah sekolah, meninggalkan Fatah setiap pagi dan menjemputnya setiap sore pastilah diiringin dengan rengekan kecilnya. Tetapi, laporan kegiatan, makan dan tidur Fatah selama di sekolah tidaklah masalah. Efek kangen sama ibunya, kalau bahasa gurunya. Pernah juga tinggal beberapa saat di sekolah Fatah dan mengawasinya dari jauh. Memang sih setelah tidak lagi melihat wajahku, rengekan Fatah akan berhenti. Pernah juga menunggu beberapa saat di luar sebelum masuk ke kelas Fatah untuk menjemputnya. Dia juga bermain gembira dengan teman-temannya. Baru akhir-akhir ini Fatah mau melambaikan tangan saat ditinggal.

Bagiku yang menarik dari hoikusho sanka kali ini adalah jadi tahu kalau mainan-mainan Fatah di sekolah kebanyakan hasil kerajinan tangan para gurunya. Coba deh lihat-lihat gambar di bawah ini.

20130216-070125.jpg
Tempat buku

20130216-070136.jpg
Perosotan

20130216-070143.jpg
Alat bermain yang terbuat dari kardus bekas

20130216-070148.jpg
Pojok bermain

20130216-070447.jpg
Anak sekolahan!

Semoga hoikusho sanka tahun depan tetap bisa hadir 🙂

Iklan

5 pemikiran pada “[SPIdJ] Hoikusho Sanka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s