Kutipan Penyemangat dari Novel 5 cm

Catatan Pembuka : Ini bukan resensi 🙂

###
Judul : 5 cm
Penulis : Donny Dhirgantoro
Penerbit : PT. Grasindo
###

Ini semua bukan tentang selera, tentang musik, tentang bola atau apapun. Itu semua kecil banget dibanding kalau kita menjadi orang yang membuat orang lain bisa bernafas lebih lega karena keberadaan kita di situ (5cm, hal. 51)
###

Bahwa nantinya dalam kehidupannya setiap manusia akan terjebak dalam sebuah gua gelap yang berisi keteraturan kemapanan dan mereka senang berada di dalamnya. Karena mereka terbuai dengan apa yg telah mereka capai hingga akhirnya mereka takut keluar dari gua tersebut. Mereka memang bahagia, tapi diri mereka kosong dan mereka gak pernah menemukan siapa diri mereka sbnrnya. Mereka gak punya mimpi (Plato)
###

Orang yang paling bijaksana adalah orang yang mengetahui bahwa dirinya tidak tahu(Socrates, 5 cm, hal.159)
###

Kalau hati kita bersih dan melakukan hal yang baik, kita akan bahagia (5cm, hal. 162)
###

Sebuah negara tidak akan pernah kekurangan seorang pemimpin jika anak mudanya sering bepetualang di hutan, gunung dan lautan (Sir Henry Dunant)
###

Apapun itu, cobaan, kekalahan, kegagalan, tidak akan menjadi sesuatu yang buruk. Tapi, tergantung bagaimana kita menyikapinya (5cm, hal. 265)
###

Sesungguhnya setiap manusia memang diberi kebebasan memilih. Memilih di persimpangan-persimpangan kecil atau besar dalam sebuah Big Master Plan ygang telah diberikan Tuhan kepada kita semenjak lahir. Jadi, semuanya ke masalah pilihan (5cm, 266)
###

Dan Tuhan memelihara ketidakpastian itu pada seluruh umat manusia agar manusia terus belajar, terus bermimpi dan ujung-ujungnya kita akan kembali padanya (5cm, hal. 270)
###

Manusia yang nggak percaya sama Tuhan sama dengan manusia yang nggak punya mimpi cuma seonggok daging yang punya nama (5cm, hal. 278)
###

Yang kita perlu sekarang adalah, cuma kaki yang berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekad yg 1000 kali lebih keras dari baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya serta mulut yang selalu berdoa (5cm, hal. 327)
###

Tidak pernah ada cinta yang bisa dimiliki manusia kecuali cinta dari Sang Pencipta yang tidak pernah berpaling dari manusia dan selalu mencintai makhluk terbaik ciptaannya. Sang Pencipta tidak pernah memberikan apa yang manusia pinta, spt cinta. Ia memberikan apa yang manusia butuhkan (5cm)
###

Setiap kamu punya mimpi atau keinginan atau cita-cita, kamu taruh di sini di depan kening kami… jangan menempel. Biarkan …
Dia …
Menggantung …
Mengembang …
5 centimeter … Di depan kening kamu …
Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu (5cm, hal. 378)
###

Iklan

27 pemikiran pada “Kutipan Penyemangat dari Novel 5 cm

  1. novelnya anak muda banget dan tak ngilangin rasa nasionalisme qta sbg warga NKRI…..
    sangat memberi semangat… hebat
    sueper hebat… dan banyak mengandungpelajaran yg dapat kita ambil… makasih kpd penilis & semuanya…. salam sukses…

    by: rahmad bacterian velly

  2. kerennn banget, biasanya paling ngga suka sama yang namanya baca novel, tapi novel yang satu ini (5cm) udah lebih dari 3 kali bacanya,ngga ada bosennya. 🙂

  3. Eh? Ada ya kalimat2 itu… Hehe, udah lama sih baca novelnya. Tapi belum nonton film-nya. 😀
    Sempat iseng praktekin yang menggantung 5cm itu, dulu. Rasanya mata jadi juling euy. Hehe…

  4. saya baca buku 5cm udah lamaaaa banget.
    pas liat poster filemnya akhir taun lalu, mo baca ulang, eeh, bukunya ndak ketemu.
    biasa, ada yang minjem dan blum balikin. dan parahnya saya lupa siapa yang minjem hihihi…
    sampe sekarang juga belum nonton filemnya, takut visualiasasinya ‘gak sesuai’ ama bayangan saya ketika membaca bukunya hehehe….

  5. Mba…
    Aku baru ngeh kalo ternyata novel ini banyak quote bagusnya…
    Padahal punya lho…hihihi..
    Kok malahan lebih apal mantra2nya harry potter yah? *plaak*

    Dan udah nonton pelm nya juga..
    Tapi lagi2 gak terlalu merhatiin dialognya..
    Karena teralihkan ama si Herjunot Ali..hihihi..
    *abaikan komen inih*

  6. Aku dulu, baca novel ini, minjem dari temen. Tapi entah kenapa, gak tertarik untuk melanjutkannya. Kata temenku bagus banget. Aku gak tau sebagus apa, tapi aku gak tertarik melanjutkan membuka halamannya. Filmnya bagus?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s