[SPIdJ] Enchou Sensei dan Dorama

Enchou Sensei dan Dorama bercerita dua hal yang terpisah. Satu yang mengikat keduanya. Keduanya bercerita tentang kehidupan sosialku di Jepang.

Enchou Sensei adalah sebutan untuk seorang kepala sekolah atau kepala tim dokter di Jepang. Kali ini aku ingin bercerita tentang Enchou Sensei di sekolah Fatah.

Sekolah Fatah adalah tempat penitipan anak untuk usia 0-6 tahun milik pemerintah Jepang. Di sekolah ini penempatan kelas dibagikan usia. Setiap kelas memiliki beberapa orang sensei sendiri. Ada juga ahli gizi dan tim masak yang bertugas menyediakan makanan untuk anak-anak serta perawat yang bertugas mengawasi kesehatan anak-anak yang bersekolah di sana.

Sekolah ini dikepalai oleh seorang wanita yang kutaksir usianya sekitar 50 tahun. Berperawakan sedang dengan rambut pendek cepak. Aku belum pernah bertemu beliau di luar sekolah Fatah. Saat di dalam sekolah pakaian yang dikenakannya adalah kaos tanpa kerah dengan warna tertentu, celana training dan sepatu kets putih. Kaos, celana training dan sepatu kets ini adalah pakaian resmi guru-guru di sekolah Fatah.

Lalu, apa yang menarik dari seorang Enchou Sensei bagiku? Pekerjaannya yang terlihat dalam ruang pandangku. Sering sekali aku menjumpai beliau di dalam ruangan guru. Bermuka serius dengan pandangan mata ke arah layar laptop yang terletak di atas mejanya. Biasanya aku menjumpai beliau dengan posisi seperti ini kala sore hari. Ruang guru sekolah Fatah bersebelahan dengan kelas Fatah. Jadi, pemandangan ini mudah sekali terlihat dari pintu masuk kelas Fatah.

Nah, yang lebih menarik bagiku adalah pekerjaan-pekerjaan lain Enchou Sensei. Aku pernah menemukan beliau sedang menyapu guguran daun kering di halaman luar sekolah Fatah. Aku juga beberapa kali menjumpai beliau membantu para guru di kelas Fatah seusai anak-anak usia di bawah 1 tahun itu makan siang. Atau di saat lain, ketika beliau ikut merapikan barisan anak-anak kelas atas saat anak-anak itu hendak jalan-jalan pagi. Saat anak-anak senam pagi, berjoget mengikuti irama sebuah lagu, kadang aku juga menemukan Enchou Sensei berada di antara anak-anak.

Tampaknya, sebagai seorang Kepala Sekolah tugas beliau memang beraneka ragam.

Lalu, mari kita beralih bercerita tentang Dorama. Dorama ini sebutan untuk drama Jepang. Aku bukanlah orang yang suka menonton film. Pertama kali tertarik menonton dorama karena disarankan oleh seorang teman untuk menambah kemampuan mendengar bahasa Jepang. Ternyata menarik menonton dorama Jepang ini. Temanya beraneka ragam. Aku biasanya memilih tema tentang keluarga.

Aku menonton dorama ini secara online di http://www.dramacrazy.net. Ini situs menonton online dorama rekomendasi suami. Sempat terhenti menonton dorama setahun kemarin, kegiatan menonton dorama ini mulai berlanjut lagi sejak bulan Desember 2012. Aku tidak lagi ikut kursus bahasa Jepang. Aku juga tidak lagi mengajar bahasa Jepang. Dengan menonton dorama, aku berharap kosakata yang aku sudah mengerti tetap berada di otakku🙂

Saat ini lagi asyik menonton dorama yang berada di dalam kategori winter season. Pricessless dan Oosozaki no himawari adalah dua dorama yang sedang kunanti episode-episodenya. Going my home, kekkon shinai, tokyo airport adalah tiga dorama yang sudah usai penayangannya.

Meski sudah menonton dorama, kalau ditanya nama-nama pemainnya, aku tidak tahu jawabannya🙂

Nah, untuk yang juga mempunyai hobi menonton dorama, kamu lagi nonton apa?

@kampus, Jan 2012

8 thoughts on “[SPIdJ] Enchou Sensei dan Dorama

  1. waduh, ternyata biar kepala sekolah juga mau nyapu nyapu yah mba…
    keren sekali🙂

    Justru kalo dorama aku kurang update ama yang baru baru mba…
    Selain si Nodame yang masih sering aku ulang, ada juga Hotaru No Hikari…lucuuu deh mba…

    Tapi sebenernya aku agak ter obsesi sama dorama jaman dulu lho…
    dan aku bener bener berusaha keras nyari nya lho…
    Akhirnya dapet juga DVD nya Tokyo Love Story dan Ordinary People,

    Dan cobain nonton drama lama nya Kimutaku deh mba, judul nya beautiful life..
    baguuuuuus banget, diulang berapa kali juga gak ada bosen nya…
    sepertinya itu adalah satu satunya drama tidak hepi ending yang paling aku suka *ops sori spoiler*…hihihi…

    • Wah, mbak erry referensinya banyaj nih🙂 Tapi, nonton dorama yg baru-baru juga enak, mbak🙂

      Ntar deh coba fety cari-cari lagi dorama-dorama yang disebutkan oleh mbak erry.

  2. Aku udah lamaaa banget ga nonton dorama mba.. Terakhir nonton Dr. jin tapi cuma beberapa episode aja. Udah pernah nyoba nonton Nodame Cantabile mba? Bagus banget ceritanya.

Tinggalkan Balasan

