[Serial Fatah] 13 bulan

November 2012, Fatah genap berumur 13 bulan. 13 bulan yang menyenangkan dan penuh gembira. Alhamdulillah. Saat hamil, aku membeli buku What to Expect the First Year, untuk menjadi panduan tumbuh kembang Fatah. Buku yang kubeli adalah sebuah buku bekas.

Setiap bulan biasanya aku mencocokkan tumbuh kembang Fatah, maka sempat was-was saat Fatah belum bisa tengkurap di usia 4 bulan. Alhamdulillah mendapat penguatan dari nakes di Jepang saat pemeriksaan empat bulan Fatah; bahwa tumbuh kembang anak berbeda-beda. Fatah memang berbeda dengan anak-anak lain, karena dia adalah individu tersendiri, karena itu tumbuh kembangnya juga berbeda dengan anak-anak lain.

Maka, inilah tumbuh kembang Fatah hingga usia 13 bulan :

@ Tengkurap : 5 bulan

@ Bolak-balik : 6 bulan

@ Duduk : 8 bulan

@ Merangkak : 9 bulan

@ Merambat : 11 bulan

@ Berdiri sendiri : 12 bulan awal

@ Berjalan sendiri : 12 bulan akhir, menjelang 13 bulan.

@ Tumbuh gigi pertama : 13 bulan (Sangat jauh sekali dengan referensi yang ditulis oleh Bundo :D)

Sekarang di usia menjelang 14 bulan awal Desember nanti, Alhamdulillah Fatah sudah bisa berjalan dengan sepatu. Memang, semua tergantung dengan anaknya sendiri 🙂

Iklan

16 pemikiran pada “[Serial Fatah] 13 bulan

  1. Anak adalah amanah Allah SWT yang harus didik sehinga mulia akhlaqnya, sehat fisiknya, cerdas otaknya dan berkembang bakat kepribadiannya. Tumbuh kembang anak merupakan interaksi antara faktor individu (baik fisik maupun psikis) dan faktor lingkungannya. Keluarga adalah yang pertama dan utama bagi anak yang sedang tumbuh dan berkembang.

  2. Wah menarik banget yah Mbak pengalaman menjadi orang tua, dengan perkembangan anak di usia dini. Dari awal yang belum bisa apa-apa, eh sekarang sudah bisa bermacam-macam… 🙂

  3. Wah,, tahapannya hampir sama kayak nisa…. nisa tengkurep 5bln, bolak balik 6 bln, duduk 7bln, merangkak 8bln, merambat 10bln, berdiri sendiri 12 bln awal, jalan sendiri 12 bln akhir, tumbuh gigi pertama 13 bln… haha… skrg lg deg2an nunggu nisa ngomong jelas…. sun sayang buat fatah kun… sehat sehat ya… 🙂

  4. Biasanya referensi juga mencantumkan, di usia max berapa kita mulai harus waspada jika anak belum bisa mencapai milestone tertentu, kalau masih dalam range sih…nyantai2 saja mbak 🙂

  5. Iya lah, Mbak… makanya kita sebaiknya gak banding-bandingin perkembangan anak yang satu dengan anak yang lain. Duuh pernah ngalemin ini soalnya.
    Yang penting panduan itu bukan harga mati, tapi bisa jadi referensi untuk kita orangtua jika terlalu jauh gapnya…

    • Udah lewat yah, Ndah, masa-masa ini? Tapi, benar sih, semakin anak gede dan punya jalannya sendiru untuk tumbuh dan berkembang, semakin plong dan ringan rasanya 🙂

  6. Wah, fatah udah 13 bulan! *kecup*
    Anak-anak memang perkembangannya beda-beda, jadi gak usah kuatir dulu klo belum bisa ini itu, sedangkan anak lain udah bisa 🙂

  7. hehhe, spt yang bundo bilang bahwa sampai usia 2 tahun masih bisa ditolerir bhw giginya masih dlm proses erupsi.

    sebenarnya gigi susu fatah sudah lengkap terbentuk di dalam gusi sejak ia berusia 6 bulan di dalam kandungan.. setelah itu hanya menunggu keluar saja, ada banyak penyebab, bisa karena gusi yang terlalu tebal, makanya dianjurkan utk merangsangnya dengan theeters.

    yang penting fatah sehat selalu.
    #peluk fatah dan fey.

    • Dulu sempat khawatir, Bundo tapi diceritain adek ibu mertua klo sepupu-sepupu suami yang masih kecil itu giginya muncul di atas umur satu tahun. Kayaknya ada pengaruh genetis juga yah, Bundo?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s