[Serial Fatah] Imunisasi di Jepang

Diminta oleh seorang teman di sebuah grup FB yang bernama Gerakan Sadar Imunisasi (GESAMUN) untuk bercerita bagaimanakah penerapan imunisasi di Jepang, maka ijinkanlah aku bercerita di jurnal ini.

Oh yah, cerita tentang imunisasi di Jepang ini hanya untuk anak dengan usia di bawah 1 tahun untuk wilayah Chiba.

Di Jepang saat awal kehamilan, kita mesti memberitahukan kehamilan kita ke kantor kecamatan tempat kita tinggal. Saat lapor kehamilan ini, kita akan diberikan buku kehamilan ibu dan anak (yang didalamnya termasuk kupon periksa kehamilan, kupon periksa kesehatan anak untuk usia 3-6 bulan dan 9-11 bulan serta kupon periksa gigi untuk ibu saat hamil dan setelah melahirkan) serta beberapa brosur penting lainnya (yang di dalamnya juga termasuk tentang imunisasi).

20120611-220422.jpg

 Panduan imunisasi yang didapatkan dari kantor kecamatan

Setelah melahirkan kita mesti lapor lagi ke kantor kecamatan. Kali ini kita mesti mengurus akte kelahiram, ktp anak, tunjangan anak dan kartu diskon untuk periksa kesehatan anak (kartu diskon ini mesti ditunjukkan saat akan imunisasi anak sehingga untuk beberapa imunisasi kita tidak membayar).

Aku mendapatkan penjelasan tentang imunisasi saat periksa 1 bulan Fatah di rumah sakit tempat aku melahirkan Fatah. Bahkan saat itu, dokter anak yang memeriksa Fatah langsung memberikan jadwal lengkap imunisasi.

20120611-220545.jpg

Jadwal imunisasi yang didapatkan dari dokter waktu periksa satu bulan

Di Jepang ada 2 jenis imunisasi : wajib dan pilihan. Untuk imunisasi wajib, kita tidak membayar sedangkan imunisasi pilihan kita mesti membayar.

Imunisasi wajib juga dikelompokkan menjadi 2 yaitu imunisasi yang dilakukan secara bersama-sama di kantor keamatan dan imunisasi yang dilakukan di klinik yang ditunjuk oleh kantor kecamatan.

Untuk anak di bawah 1 tahun, BCG dan polio termasuk imunisasi yang dilakukan secara bersama-sama sedangkan imunisasi PCV, HiB, dan DPT dilakukan di klinik yang direkomendasikan oleh kantor kecamatan. Imunisasi BCG dilakukan saat anak berumur 4 bulan sedangkan untuk imunisasi polio, untuk wilayah Inage, Chiba, dilakukan setiap bulan Maret dan Juli.

Untuk imunisasi yang dilakukan secara bersama-sama, kurang lebih sebulan sebelum jadwal imunisasi kita akan mendapatkan undangan dari kantor kecamatan tentang jadwal pelaksaan imunisasi. Untuk imunisasi yang dilakukan di klinik, kita mesti menelpon dulu dan membuat janji kapan kita akan datang untuk melakukan imunisasi.

Berdasarkan pengalaman, imunisasi di Jepang bisa dilakukan secara simultan (beberapa imunisasi dilakukan dalam satu kali kedatangan) di klinik khusus anak. Imunisasi simultan ini harus dilakukan oleh dokter spesialis anak.

Saat akan mendaftarkan Fatah sekolah (baca: tempat penitipan untuk anak dari 0-5 tahun), aku mesti mengisi form tentang riwayat imunisasi Fatah.

Oh yah, kalau kita ingin diskusi atau konsultasi tentang imunisasi ini silahkan datang saja ke kantor kecamatan di tempat kita tinggal. Di Chiba ada salah satu bagian yang kita bisa konsultasi mulai dari kehamilan, melahirkan dan membesarkan anak.

Sebagai pengalaman, awal imunisasi Fatah aku melakukannya di dokter umum. Ternyata setelah imunisasi PCV 1 dan HiB 1, suster di klinik dokter umum menganjurkanku untuk melanjutkan imunisasi di tempat lain sehingga bisa dilakukan imunisasi simultan. Tapi, karena rumah sakit yang direkomendasikan oleh dokter cukup jauh dari tempat tinggal kami, maka aku datang saja ke kantor kecamatan untuk berkonsultasi tentang hal ini. Alhamdulillah dapat rekomendasi klinik anak yang cukup dekat dari tempat tinggal kami.

Terus terang, saat hamil ada keraguan yang tersirat dan tersurat tentang imunusasi. Berdiskusi bersama suami yang mempunyai latar belakang biologi, menelusuri website-website untuk mengerti tentang imunisasi, berdoa kepada Allah untuk diberi kemantapan hati, alhamdulillah akhirnya pilihan kami adalah mengimunisasi si kecil.

20120611-220635.jpg

Riwayat imunisasi Fatah

 @rumah, Juni 2012 

7 thoughts on “[Serial Fatah] Imunisasi di Jepang

  1. Salam kenal mb,, saya tinggal di wilayah Aichi ken, kariya shi. Imunisasinya kurang lebih sama, tp pelaksanaannya agak berbeda menurut saya. Disini semua imunisasi (wajib dan ga wajib) termasuk pengobatan anak gratis mb, krn Nisa dapet ‘kartu kuning’ (lupa bhs jepangnya),emang cm bs digunakan di wilayah Aichiken aja sih. Jadwal imunisasi kayak mb gitu, dsni kami ga dapet, jd dulu saya konsultasi minta dibuatin jadwal sendiri ke kenkou senta.PCV 1 & Hib 1 bisa dimulai usia 2 bln+, BCG 3bln+. klo polio kmrn kami dapet jadwal baru, krn sistemnya skrg bukan oral lg tapi suntik jd dilakukan di RS/klinik anak yg ditunjuk.🙂

  2. waaahhh terkodinir dengan baik di sana…:)….semoga di kita bisa seperti di jepang….kalo di kita ke kecamtan setempat hanya mengurus KK doang….:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s