[SPIdJ] Baiknya Orang Jepang (2)

Masih ingat kisahku dengan petugas administrasi di kampus di jurnal ini? Jurnal kali ini bercerita kejadian yang hampir sama dengan jurnal tersebut. Masih terjadi antara aku (A) dan petugas administrasi kampus (B).

Awal bulan April hingga akhir April adalah jadwal registrasi mata kuliah di kampus. Registrasi ini dilakukan secara online dengan cara memasukkan mata kuliah yang ingin kita ambil melalui komputer-komputer yang terhubung dengan sistem jaringan kampus.

Karena aku masih punya beberapa mata kuliah pilihan yang belun diambil, di suatu hari, bersamaan dengan seorang teman, pergilah kami ke sebuah ruangan komputer yang disediakan untuk registrasi mata kuliah online ini. Sebenarnya, registrasi ini bisa dilakukan di ruanganku sendiri. Tetapi, pengalaman sudah mengajarkanku, mendingan ke ruangan komputer umum karena ada orang Jepang yang bisa ditanya jika kita melakukan kesalahan. Kesalahan-kesalahan ini sangat mungkin terjadi karena semua sistem yang terkait dengan proses registrasi (sistem registrasi itu sendiri, mata kuliah yang ingin di ambil, nama dosen pengampu, komputer yang terinstal) ini dilakukan seluruhnya dengan bahasa Jepang 😦

Ruangan komputer umum ini berisi banyak komputer dan biasanya selalu penuh dengan mahasiswa/i Jepang. Meskipun mereka sedang sibuk, jika kita ada masalah dan kita bertanya, InsyaAllah selalu dibantu. Mungkin juga mereka kasihan dengan orang-orang asing yang punya kemampuan bahasa Jepang minimalis sepertiku 😀

Aku dan temanku mulai melakukan registrasi. Benarlah beberapa kali kami mesti bertanya dengan mahasiswa Jepang yang duduk di sebelah temanku. Aku  berencana mengambil empat mata kuliah umum (mata kuliah ini dilakukan di liburan semester selama 1-2 hari saja) karena dengan status ibu menyusui yang juga kuliah dan mesti menyusui si kecil saat istirahat siang, maka mengambil mata kuliah umum ini adalah pilihan yang tepat untukku 🙂

Tiga mata kuliah sudah kumasukkan ke sistem registrasi. Untuk mata kuliah keempat, hingga kepala pusing melihat deretan mata kuliah-mata kuliah  yang ditulis dengan huruf kanji itu, aku tetap tidak menemukan mata kuliah yang tulisan kanjinya sama dengan tulisan kanji di buku panduan. Akhirnya, aku menyerah.

Setelah usai registrasi, aku menuju ke bagian administrasi dan kemahasiswaan kampusku dan terjadilah percakapan ini.

A : Saya mau mengambil mata kuliah ini, tapi kok tidak ada yah saat registrasi *menunjuk mata kuliah tersebut du buku panduan yang kubawa*

B : Oh yah, mata kuliah ini yah? *menunjuk mata kuliah yang sama yang kutunjuk tadi*

A : Iya

B : Mana kartu mahasiswanya?

A : Ini *menyerahkan kartu mahasiswa*

B : Sebentar yah *menuju ke tempat duduknya*

Beberapa lama …

B : Ok, mata kuliahnya sudah saya masukkan *menyerahkan kartu mahasiswa lagi*

A : Eh, ada yah mata kuliahnya? *sambil mikir apakah aku salah lihat lagi yah?*

B : Iya *menyebutkan mata kuliah yang ingin aku ambil*

A : Terima kasih *keluar dari kantor administrasi dan kemahasiswaan kampus dengan muka heran*

Sesampai di ruanganku, aku buka lagi sistem registrasi mata kuliah dan memastikan mata kuliah yang baru saja dimasukkan oleh petugas administrasi tadi. Owalah, pantesan aku tidak menemukan mata kuliah tersebut. Ternyata di sistem registrasi, mata kuliah tersebut dalam huruf kanji tulisannya disingkat.

Ayo teman-teman mau menebak, menurut kalian sama atau bedakah dua tulisan kanji di bawah ini?

1. 環境レモートセン身シング特別 講義

2. 環境レモセン特講

Coba juga cari beberapa perbedaan di antara keduanya? 🙂

@kampus, April 2012

7 pemikiran pada “[SPIdJ] Baiknya Orang Jepang (2)

  1. Teman-teman terima kasih untuk responnya, kayaknya berita Jepang ini tinggal di Jepang yah? Tepat sekali jawabannya 🙂 Klo Raras setau saya memang tinggal di Jepang sejak lama, jadi wajar bisa jawab 😀

  2. kayaknya seh beda *nyang satu lebih pendek, nyang satu tulisannya panjang 😛

    apa kabar Bu? apa kabar juga mas fatah? semoga selalu sehat 🙂

Tinggalkan Balasan

