Syarat-Syarat Pengajuan Visa untuk Keluarga

Fatah lahir di tengah masa studiku. Karena itulah kehadiran ibu sangat penting di keluarga kecil kami untuk membantuku mengurus Fatah kecil. Ini pertama kalinya mengundang ibu datang ke Jepang. Sempat was-was dengan permasalahan visa, alhamdulillah akhirnya visa kunjungan selama 3 bulan untuk ibu bisa didapatkan.

Untuk info lebih lengkap tentang cara mendapatkan visa kunjungan keluarga ini bisa dengan mengunjungi tautan ini. Untuk kasus ibu, syarat-syarat yang kami siapkan adalah sebagai berikut :

  • Paspor ibu
  • Formulir permohonan visa dan pasfoto terbaru ibu (ukuran 4,5 X 4,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram)
  • Foto kopi KTP (Surat Keterangan Domisili) ibu
  • Bukti pemesanan tiket ibu (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang). Untuk kasus ibu dengan bantuan travel agent di Jepang tempat aku memesankan tiket pp Indonesia-Jepang untuk ibu, ibu hanya dibuatkan voucher tiket yang tidak akan dikenakan biaya potongan jika ada perubahan tanggal keberangkatan karena permasalahan visa yang belum selesai. Voucher tiket ini diganti dengan tiket benaran setelah kepastian visa.
  • Jadwal perjalanan (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang)
  • Dokumen yang membuktikan hubungan keluarga antara pemohon dengan pengundang. Untuk kasus ibu, aku meminta ibu melampirkan akte kelahiranku.
  • Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dlsb. Untuk kasus ibu, kami melampirkan akte kelahiran asli dan fotokopinya.
  • Surat undangan.
  • Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan. Untuk kasus ibu, karena semua biaya perjalanan ditanggung oleh pengundang (dalam hal ini aku), aku juga menyertakan fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir, fotokopi alien registration aku dan suami (pihak kedutaan Jepang di Indonesia meminta fotokopi kartu alien registration bukan 300 yen shoumeshou) fotokopi kartu pelajar aku dan suami, fotokopi paspor aku dan suami, surat keterangan beasiswa aku serta surat keterangan RA dan baito suami.

Alhamdulillah pengurusan visa ibu lumayan cepat. Dalam waktu satu minggu, visa ibu sudah jadi. Untuk teman-teman yang tinggal di Jepang dan ingin mengundang keluarga, jika menginginkan contoh dari dokumen-dokumen di atas, dengan senang hati aku akan membantu dan mengirimkannya lewat email.

@rumah, penghujung 2011

saat-saat semua yang tercinta sudah terlelap

87 pemikiran pada “Syarat-Syarat Pengajuan Visa untuk Keluarga

  1. halo mbk saya mau tanya, bgini saya dan bude (kakaknya tante) diundang oleh tante saya ke jepang, kira2 dokumen yang membuktikan hubungan saya dan bude dengan tante saya apa ya? terimakasih

      • Maaf mba, saya rencana mau tinggal dtempat suami disana selama 3 bulan, jadi agak sedikit bingung untuk pembuatan itinerary nya, kalo mba berkenan saya mau liat contoh punya mba fety, mohon pencerahannya mba, terima kasih 😊

      • Saya lupa, mbak, di mana meletakkan filenya. Tapi seingat saya, saya membuatnya seperti ini;
        1. Jadwal kedatangan
        2. Jadwal kepulangan
        3. Ibu berada di rumah saya.
        Gak detil juga mbak itenerarynya.

  2. Hai Mbak Fety, tulisannya informatif sekali.. Kebetulan saya jg mau mengundang ibu saya ke Jepang.. Tp ada yg blg bahwa visa temporary visitor itu walau berlaku 90 hari, masa kunjungannya hanya bisa 14 hari? Apakah benar? Waktu itu Ibu Mbak Fety berapa lama tinggal di Jepangkah? Terima kasih ya Mbak..

  3. salam mba fety, mba rencana nya ibu sy jg mau dtg bln april ini pake visa kunjungan keluarga , Surat undangannya sy download dr website & sdh sy isi juga di cap inkan , apakah surat undangan (invitation letter) tsb hrs asli atau boleh hasil scan aja yg di print out yg nanti dilampirkan ke kedutaan ?
    Yoroshiku onegaishimasu

  4. Assalamu’alaikum… Mbak saya ingin mengundang bapak dan ibu saya ke jepang. Kira2 saya bisa minta contoh surat undangannya? Untuk fotocopy buku tabungan3 bulan terakhir apakah kita bisa lgs fotocopy buku tabungan kita ato kita hrs minta ke banknya? Terima kasih sebelum dan sesudahnya- rochman_oman@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

