[Serial Melahirkan] Prosedur Pengurusan Kelahiran Fatah

Ada beberapa hal yang mesti diurus terkait dengan kelahiran Fatah di Jepang, baik yang berkaitan dengan keberadaan Fatah di Jepang atau nanti saat kembali ke Indonesia. Di bawah ini adalah tahapan mengurus hal-hal tersebut.

1. Mengurus akte kelahiran, alien registration card (KTP), kartu asuransi (hokken kado), tunjangan biaya hidup untuk anak (kodomo teate), potongan biaya kesehatan untuk anak (di kantor kecamatan Inage tempat kami tinggal pengurusan potongan biaya kesehatan untuk anak ini kangsung bersamaan dengan pengurusan tunjangan biaya hidup untuk anak) di kantor kecamatan (kuyakusho). Keempat hal di atas diurus dengan membawa surat keterangan lahir dari rumah sakit. Keempat hal di atas harus diurus maksimal 14 minggu setelah melahirkan.

2. Karena akte kelahiran yang dikeluarkan oleh pemerintah Jepang tidak berlaku di Indonesia nantinya maka kami juga perlu mengurus akte kelahiran di KBRI di Tokyo. Syarat untuk mengurus akte kelahiran yang dikeluarkan oleh KBRI ini adalah dengan membawa akte kelahiran dari kuyakusho. Saat pengurusan akte kelahiran ini,kami juga mengurus paspor untuk Fatah. Untuk pengurusan paspor ini tidak syarat untuk membawa anaknya langsung ke KBRI. Cukup dengan menyediakan foto warna berlatarbelakang merah. Lebih lengkap tentang pengurusan paspor di KBRI Indonesia di Jepang bisa dilihat di tautan ini.

3.Bersamaan dengan pengurusan paspor di KBRI Indonesia, kami juga mengurus visa untuk Fatah di kantor imigrasi di Chiba. Syarat yang diperlukan adalah alien registration card orang tua dan anak. Pengurusan visa ini tidak mesti menunggu paspor jadi.  Untuk kasus Fatah karena kami mengurus visanya sebelum paspor jadi, maka visa ditempelkan pada selembar kertas yang selanjutnya dapat diselipkan di paspor jika paspor sudah jadi.

@rumah, Desember 2011

Iklan

5 pemikiran pada “[Serial Melahirkan] Prosedur Pengurusan Kelahiran Fatah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s