[Serial Melahirkan] Namanya Fatah Rifqy Wahyuriansyah

Fatah Rifqy Wahyuriansyah. Itulah nama lengkap yang saya dan suami berikan kepada putra pertama kami. Seseorang yang menjadi begitu spesial dalam lingkaran kehidupan pernikahan kami berdua yang menjadi hitungan keempat di bulan Desember ini.

Hanya Allah yang Maha Mengetahui mengapa dia hadir di tahun keempat pernikahan kami. Setelah peristiwa keguguran  di bulan Februari 2010, dan diminta dokter untuk menunda kehamilan selama lebih kurang 3 bulan, kami berdua sudah berusaha untuk memperoleh keturunan lagi. Tapi, Allah memang belum berkehendak. Menunggu memang sesuatu yang menjemukan. Sampai akhirnya, kami berdua berada pada titik “ah, biarlah Allah yang menentukan kapan waktu yang tepat”. Kami berdua pun sudah berunding untuk memeriksakan diri jika ada kesempatan berlibur ke Indonesia. Maka, setelah itu, roda pernikahan kami tetap disibukkan dengan jadwal kuliah kami berdua.

Sampai akhirnya satu tahun setelah bulan Februari 2010, saat testpack di bulan Februari 2011, alhamdulillah dua garis positif muncul. Tapi, trauma keguguran itu tetap membekas. Kami berusaha menyimpan rapat kehamilan ini hingga usia 3 bulan. Kehamilan ini menemui kendala. Sempat flek di awal-awal kehamilan dan di minggu ke 22 yang akhirnya harus bedrest di rumah sakit selama 2 hari, alhamdulillah Fatah lahir dengan normal dan sempurna di usia kehamilan 38w3d. Rekam jejak dari mulai kehamilan hingga melahirkan kuceritakan di halaman ini.

Dari sejak awal kehamilan, aku sudah mempersiapkan sebuah nama untuk bayi perempuan. Tapi, setelah mengetahui hasil USG tiga kali yang menunjukkan dengan sangat jelas kalau bayi mungil yang berada di rahimku adalah seorang laki-laki, maka mulailah aku dan suami berembug mencarikan sebuah nama untuk putra pertama kami.

Fatah dalam 3 minggu melihat indahnya dunia

Fatah adalah nama pemberian si mas, yang diambil dari surat Al-Fath yang berarti kemenangan. Surat ini juga dihadiahkan oleh si mas untuk menyambut kehadiran putra pertama kami. Wahyuriansyah adalah nama pemberianku yang merupakan gabungan dari nama belakangku dan suami. Untuk nama tengah sempat terjadi diskusi panjang antaraku dan suami. Hingga di suatu sore, saat melihat deretan nama, kami berdua spontan menyebut nama Rifqy. Rifqy berarti lemah lembut yang juga mewakili arti surat Ar-Rahman yang kupilih sebagai hadiah untuk putra pertama kami. Kami sengaja tidak memnggunakan nama Rahman karena menggunakan Rahman mesti diawali dengan kata Abdu dalam kaidah Islam.

Maka, inilah nama lengkap putra pertama kami: Fatah Rifqy Wahyuriansyah yang berarti putra kami berdua yang kami doakan semoga menjadi pemenang di kehidupan dunia dan akhirat dengan senantiasa mempunyai sikap lemah lembut kepada sesama manusia maupun sesama makhluk hidup.

Kami memang tidak memasukkan nama Jepang untuk putra pertama kami meskipun dia lahir di Jepang. Biarlah dia memiliki nama yang indah yang lain yang juga mempunyai arti yang begitu berkesan  bagi kedua orang tuanya sekaligus menjadi doa kami bagi kehidupan dia di masa yang akan datang.

Untuk panggilan, kami memanggilnya dengan panggilan Mas Fatah. Untuk anak pertama si mas meminta dipanggil dengan cara Jawa. Sedangkan anak kedua nantinya, InsyaAllah, akan dipanggil dengan panggilan ala Manna. Kami sengaja memilih panggilan Mas, bukan dedek, untuk Fatah, karena suatu saat, InsyaAllah, kami akan menambah momongan lagi di tahun-tahun yang akan datang 😀 Sedangkan kepada kami berdua, kami membiasakan Fatah memanggil dengan panggilan ayah ibu.

@rumah, Oktober 2011

Iklan

25 pemikiran pada “[Serial Melahirkan] Namanya Fatah Rifqy Wahyuriansyah

  1. Alhamdulillah. Ah…ternyata buah hati yang ditunggu telah hadir. maafkan saya telat mampir. setelah membaca komentar mbak Fety di blog saya bahwa dapat salam dari Mas Fatah, langsung saya meluncur ke sini buat mengucapkan selamat. Selamat ya atas amanah anak yang luar biasa ini. namanya bagus, Mas Fatahnya juga ganteng. Semoga menjadi anak sholeh dan sesuai harapan Ayah Ibu. Amiiin 🙂

  2. Namanya bagus…..sesuai dengan doa dan harapan orangtuanya.
    Fatah ganteng euy…siap-siap 17 tahun kemudian dikerumuni cewek.
    Fety, semoga Fatah sehat selalu ya…..dan Fety sekeluarga semakin berbahagia dan mendapat limpahan rejeki dari Allah swt. Amien.

  3. waaaaahhhh cakep nyaaaaaa. Dan aku merasa nama yang diberikan bagus serta terdengar indah. Saya setuju untuk tidak memberikan nama Jepang meskipun lahir di Jepang, karena toh papa-mamanya orang Indonesia. Apalagi kalau dicampur dengan nama bernuansa islam, kok rasanya kurang indah kedengarannya. Tapi tentu saja apapun namanya, jika dipilih orangtua pasti sudah dipikirkan masak-masak ya.
    Sekali lagi selamat ya…sudah hampir usia satu bulan, maaf saya terlambat kasih selamatnya.

  4. Mbak Fetyyyyyy…
    Aku baru tahu kalau mbak udah melahirkaan..
    Selamat yah mbaaak..semoga deh Fatah (apa rifqy, mbak?) jadi anak sholeh..penyejuk mata bagi kedua orangtuanya..semoga doa2 baik orangtuanya untuk dek Fatah dikabulkan Allah SWT..

  5. Ibu, mas Fatah ganteng banget… Uuu..lucunya…
    Selamat ya buat Ayah & Ibu..
    Sekali lagi terbukti bahwa seringkali di titik kepasrahanlah Allah menjawab doa kita..
    Semoga menjadi anak sholeh ya mas Fatah, selalu sehat, dan pintar..

    Salam dari tante Tt.. :*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s