Syarat perpanjangan visa di Jepang

Bulan September 2011 ini adalah adalah saatnya perpanjangan visa bagiku. Karena perpanjangan visa ini mesti diurus satu bulan sebelum masa berlaku visa habis, jadilah wira-wiri mengurus syarat perpanjangan visa sejak pertengahan Juli 2011. Ternyata tetap ada saja yang kurang karena ketidaktahuan informasi tentang syarat yang satu ini, yaitu untuk form organization yang disediakan oleh Kantor Imigrasi Jepang harus ditandatangani oleh pihak fakultas.

Jadi, karena masih akan tinggal beberapa tahun lagi di negeri matahari terbit ini, biar tidak lupa, syarat-syarat perpanjangan visa ini ditulis di sini saja 🙂

1. Mengunduh 3 form (form for applicant, form for organization, form for visa extension) yang mesti diisi di tautan ini : http://www.moj.go.jp/ONLINE/IMMIGRATION/16-3-1.html (silahkan mengunduh di file yang bertuliskan huruf kanji: 勉学). Setelah diunduh silahkan diisi form-form tersebut.

2. Melampirkan syarat-syarat sebagai berikut :

2.a. zaigaku shoumeisho (surat keterangan sebagai mahasiswa)

2.b. seiseki shomeishou (transkrip nilai)

2.c. surat keterangan beasiswa (atau untuk yang biaya sendiri bisa dengan melampirkan zandaka shoumeisho (surat keterangan tabungan yang bisa diminta di bank tempat kita menabung))

2.d. gaikokujin touroku shoumeisho (surat keterangan dari kantor kecamatan (shiyakusho) yang berharga 300 yen)

3. Membawa syarat no.1 dan no.2 ke kantor imigrasi terdekat. Saat menyerahkan syarat tersebut biasanya juga diminta paspor, alien registratrion card (KTP Jepang) dan kartu mahasiswa.

4. Kalau semua syarat-syarat perpanjangan visa terpenuhi, kita akan diminta mengisi nama dan alamat pada selembar kartu pos yang nanti akan dikirimkan kembali ke rumah yang berfungsi untuk memberitahukan bahwa visa kita sudah bisa diperpanjang dan kita diminta kembali ke kantor imigrasi dengan membawa paspor. Dari proses aplikasi hingga kartu pos ini sampai ke rumah kira-kira memakan waktu sekitar 2 minggu.

5. Setelah kartu pos ini sampai di rumah kita, maka dengan membawa paspor kita kembali ke imigrasi lalu mengisi form untuk membayar biaya perpanjangan visa (formnya bisa langsung di isi di kantor imigrasi) dengan cara menempelkan materei senilai 4000 yen di atas form tersebut.

6. Semoga bermanfaat 🙂

@kampus, Agustus 2011

Iklan

9 pemikiran pada “Syarat perpanjangan visa di Jepang

  1. wah..keren bangetlah mbak ku yg satu ini..
    lanjut Ph.D mbak???

    sudah lama tidak berkunjung kesini..
    maaf lahir batin ya mbak..
    moga dedek janin nya sehat ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s