[Serial Kehamilan] Maternity Class (2)

Setelah maternity class pertama dilakukan pada tanggal 14 Mei 2011, pada tanggal 24 Mei 2011 aku mengikuti maternity class kedua. Kali ini, mas tidak menemani karena mesti pergi ke kampus. Tapi, pada saat maternity class pertama, aku sudah bertanya apakah diperbolehkan jika suami tidak menemani di kegiatan maternity class kedua. Ternyata tidak apa-apa. Untuk kelahiran yang akan ditemani oleh suami, maka di kegiatan maternity class ketiga suami mesti hadir. Alhamdulillah maternity class ketiga akan diselenggarakan di hari Sabtu sehingga mas bisa menemani.

Maternity class kedua ini diisi dengan materi gizi untuk ibu hamil yang disampaikan oleh seorang ahli gizi, cara melakukan perawatan terhadap payudara untuk persiapan menyusui selama kehamilan dan latihan peregangan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil.

Untuk materi gizi selama hamil, diterangkan secara detil jenis-jenis makanan yang mengandung karbohidrat, protein, kalsium, vitamin dan lain-lain. Juga dengan beberapa makanan yang berpotensi akan meningkatkan kadar gula darah dan tekanan darah selama kehamilan. Yang sangat ditekankan selama materi ini adalah pemenuhan gizi seimbang selama hamil dan mengurangi makanan instan, makanan manis dan makanan asin.

Untuk materi cara perawatan payudara selama kehamilan untuk persiapan menyusui diterangkan secara detil bagaimana memijat payudara untuk persiapan menyusui. Para peserta juga diminta mempraktekkan sendiri saat kelas berlangsung. Pemijatan ini bisa dilakukan sejak kehamilan 5 bulan, tapi jika perut terasa kontraksi sebaiknya pemijatan dimulai pada kehamilan mulai 36 minggu. Pemijatan ini hanya dilakukan sekitar 2-3 menit [Untuk teman-teman yang sedang hamil dan ingin mengetahui caranya, komentar aja di kolom komentar. InsyaAllah akan dikirimkan gambarnya 🙂]

Materi terakhir adalah peregangan-peregangan yang aman selama kehamilan. Para bumil juga diminta praktek dengan dibantu 2 orang bida dan beberapa orang rumah sakit. Tinggal maternity class ketiga, InsyaAllah.

@rumah, Juni 2011

Iklan

21 pemikiran pada “[Serial Kehamilan] Maternity Class (2)

    • silahkan diunduh langsung dari file yang saya simpan di tautan di bawah tulisan “Kumpulan File – Silahkan Diunduh” di sebelah bawah kiri blog ini, mbak. Ada 4 gambar : Perawatan Payudara saat Hamil (1) sd Perawatan Payudara saat Hamil (4).

    • mbak, silahkan diunduh langsung dari file yang saya simpan di tautan di bawah tulisan “Kumpulan File – Silahkan Diunduh” di sebelah bawah kiri blog ini. Ada 4 gambar : Perawatan Payudara saat Hamil (1) sd Perawatan Payudara saat Hamil (4).

  1. cara nya melakukan pemijatan gmana mba? terimakasih (saya sedang hamil 8 bln sekarang, kepingin saat melahirkan ASI bisa langsung keluar)

  2. Saya dulu ikut seminggu sekali…senam hamil, cara memijat payudara agar asi lancar, juga pelajaran tentang kesehatan lainnya.
    Cara ini juga membuat kita lebih siap menghadapi kelahiran nantinya, memudahkan dokter membantu kita saat melahirkan.

  3. mba…boleh share dong gimana cara perawatan payudara untuk menyusuinya..aku cm dikasih tau teman2 pakai cotton bud aja..tapi kurang tau tentang teknik pemijatannya..
    arigatou ya mb 🙂

  4. Seharusnya ibu-ibu kader posyandu mendapat kesempatan belajar di maternity class sehingga bisa berbagi ilmu di posyandu masing-masing.

    Kedua putraku lahir cepat. bahkan paginya saya masih mengajar. Malam hari memaksa keluar. Proses cepat dan Alhamdulillah ibu dan anak sehat.

    Semoga mbak fety sehat begitu juga baby dan suami. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s