Saat berurusan dengan kehilangan (lagi)

Ini bukan tentang cerita kehilanganku lagi. Beberapa waktu yang lalu seorang teman kehilangan dompetnya. Tentu saja beberapa kartu yang penting, misalnya: kartu ATM, Alien Registration Card (KTP bagi orang asing di Jepang) dan kartu asuransi (yang wajib dimiliki oleh semua orang yang tinggal lebih dari enam bulan di Jepang) miliknya ikutan hilang.

Sang teman dengan dibantu teman yang lain sudah berusaha menghubungi kantor pos polisi terdekat, untuk memastikan apakah ada yang mengembalikan dompetnya atau tidak ke kantor pos. Ternyata, belum ada yang berbaik hati mengembalikan dompet temanku di kantor pos.

Beberapa hari menunggu, akhirnya temanku mengambil keputusan kalau dompet beserta isinya bukan lagi miliknya. Dia sudah merelakam kehilangannya dan memulai untuk mengurus kembali beberapa kartu yang penting.

Aku diminta oleh temanku untuk mengurus kembali Alien Registration Cardnya dan kartu asuransinya. Ini pengalaman pertamaku dan sama sekali aku tidak mengetahui syarat-syaratnya. Untunglah pengurusan keduanya dilakukan di kantor yang sama, yaitu di kantor kecamatan di tempat tinggal kami. Namanya Inage Ward Office.

Berbekal ketidaktahuan akhirnya kami berdua sampai juga di kantor kecamatan. Kami menuju tempat pendaftaran KTP bagi orang asing yang tinggal di Jepang. Aku ceritakan duduk persoalannya. Alhamdulillah sang petugas mengerti bahasa Jepangku yang kadang masih acak-acakan susunan kalimatnya.

Ternyata syaratnya cukup sederhana: menunjukkan paspor dan membawa dua lembar foto ukuran 4.5 x 3.5 cm. Karena temanku hanya memiliki foto ukuran 4 x 3 cm, sang petugas kantor kecamatan tidak mempermasalahkan ukuran foto itu.

Kami diminta mengisi beberapa berkas untuk mendapatkan kartu Alien Registration Card dan kartu asuransi yang baru. Cukup mudah menurutku. Pegawai kantor kecamatan juga tidak keberatan menjelaskan jika aku dan temanku tidak tahu harus mengisi apa pada kolom yang harus diisi. Kolom-kolom tersebut sudah ditandai oleh sang petugas.

Terakhir kami disodori surat pernyataan kehilangan yang harus diisi oleh temanku yang menerangkan di mana, kapan, dan bagaimana kartu-kartu tersebut hilang. Setelah ditandatangani oleh temanku dan dikembalikan ke petugas, sang teman mendapatkan dua lembar kertas. Satu lembar kertas pengganti kartu Alien Registration Card yang juga menunjukkan kapan kartu tersebut harus diambil. Sedangkan satu lembar lagi adalah kertas pengganti kartu asuransi yang bisa digunakan untuk kepentingan ke rumah sakit/dokter selama kartu asuransi yang baru belum dikirim ke rumah.

Cukup sederhana ternyata prosesnya. Tidak sampai siang hari, aku dan teman sudah meninggalkan Inage Ward Office.

@kampus, Feb 2011

Iklan

23 pemikiran pada “Saat berurusan dengan kehilangan (lagi)

  1. hm, paspor emang penting banget yah.. jangan sampeeee itu hilang..

    soalnya paspor jadi barang penting ketika surat2 yang lain hilang… untung cuman KTP nya aja yang ilang…

  2. Pelayanan publik yang sungguh kereeeeeeeenn, cepat, praktis dan tanpa pungutan liar.. 🙂

    andai saja di negeri gemah ripah loh jinawi ini bisa begitu,, 😦

    mari sama-sama berdoa mbak,, hehehe…

  3. ternyata mudah, ga pake lama hehe. baru tau istilah ktp orang asing disana, bener2 kaya alien yah, terus2 fotonya ada stengahnya 4.5x 3.5 , ilmu baru neh,… kali aja nanti ke jepang 😀

  4. asal langsung lapor polisi dan mendapatkan surat laporan kehilangan semuanya gampang kok diurus kembali. Untung bukan paspor yg hilang, urus di KBRI nya yang lama 😀 hehehe
    Jgn lupa paspor di fotocopy spy kalau hilang juga gampang diurus.

    urusan di kantor kelurahan itu emang cepet, lain yah sama di tanah air 😀

    EM
    EM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s