[Ubuntu 10.04] Mengunduh Al-Quran (MP3) dan Menggabungkan File .mp3

Buat teman-teman yang muslim, situs ini, bisa dijadikan rujukan untuk mengunduh Al-Quran (MP3). Lantunan merdu ayat-ayat Al-Quran dari Syaikh Al-Ghomidi atau Syaikh Basfar bisa didapatkan di situs ini. Sebenarnya situs ini adalah tempat menguduh Al-Quran versi offline untuk Zekr, program untuk mendengarkan  Al-Quran yang disertai oleh terjemahan dalam beberapa bahasa. Kalau yang menggunakan Linux, tentu sangat familiar dengan Zekr. Tapi jangan khawatir, Zekr juga bisa diinstal di Windows. Coba baca di sini.

Kemarin malam saya mengunduh Al-Quran yang dilantunkan oleh Syaikh Al-Ghomidi. Sayangnya, setiap surat terdiri dari beberapa file. Nah, jika berhadapan dengan situasi ini, kalau teman-teman menggunakan Linux, berikut cara yang saya pakai yang mungkin bisa jadi referensi.

1. Buka terminal

2. Beradalah pada folder tempat di mana file kita berada

3. Ketikkan cat 0550*.mp3 > Ar-rahman.mp3 [ini adalah contoh. Setelah mengunduh Al-Quran yang dilantunkan oleh Al-Ghomidi, untuk surat Ar-rahman terdiri dari 78 file MP3, mulai dari 055000.mp3 sampai 055078.mp3. Setiap file terdiri dari satu ayat]. Dengan mengetikkan perintah di atas kita bisa mendapatkan satu file aja untuk surat Ar-rahman. Jangan khawatir, tidak ada yang berubah setelah proses penggabungan ini.

4. Silahkan dicoba. Moga bermanfaat.

 

@campus, Okt 2010

~menunggu taifu~

8 thoughts on “[Ubuntu 10.04] Mengunduh Al-Quran (MP3) dan Menggabungkan File .mp3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s