[Ubuntu 10.04] Menulis Bahasa Arab

Alhamdulillah begitu mudah menulis bahasa Arab dengan menggunakan aplikasi apapun (open office dll) di Ubuntu 10.04. Kendala utamanya adalah kita mesti menghafal letak masing-masing huruf hijaiyah pada keyboard kita. Hal ini berbeda menulis dengan menggunakan bahasa Jepang yang posisi keyboardnya sama dengan posisi keyboard biasa (dengan catatan jika kita menggunakan model keyboard USA).

Berikut langkah-langkahnya :

1. Yang paling mudah adalah dengan menambah pilihan bahasa pada IBus. Langkah-langkahnya : System –> Preferences –> IBus Preferences –> Input Method, lalu klik pada tulisan Select an input method dan pilih bahasa yang hendak ditambahkan. Karena kita ingin menulis dengan bahasa Arab, maka klik Arabic. Setelah itu klik Add. Setelah kita menambahkan bahasa ini, biasanya pada pojok kanan atas akan muncul ikon keyboard. Klik ikon tersebut dan pilihlah huruf Arab (Arabic-kbd (m17n)). Nah, sampai pada langkah pertama ini sebenarnya kita sudah bisa menulis dengan menggunakan bahasa Arab.

2. Untuk mengetahui posisi huruf hijaiyah pada keyboard kita, maka lakukan langkah berikut : System –> Keyboard –> Layouts –> Klik pada tulisan Add –> Pilih pada tulisan By language –> Pilih Arabic. Nah, akan muncul gambar keyboard seperti gambar di bawah  ini :

Gambar keyboard yang muncul pada layar komputer kita seperti gambar di atas bisa di print langsung dengan mengklik tulisan Print di pojok kiri bawah. Kita bisa menyimpan dalam format pdf atau langsung diprint. Cara mudah adalah dengan menekan tuts PrintScreen pada keyboard kita (itu yang aku lakukan :)).

3. Cara lain adalah dengan mengkopi huruf-huruf Arab satu demi satu dan menyalinnya pada dokumen kita [menurutku cara ini terlalu ribet :)]. Langkah-langkahnya adalah sbb : Applications –> Accessories –> Character Map –> Klik Arabic pada pilihan di bawah tulisan Scripts. Lalu posisikan mouse kita pada huruf yang kita kehendaki dan tanpa melepas mouse, tarik huruf tersebut pada area Text to copy. Lalu klik tulisan Copy di pojok kanan. Pada Open Office tinggal klik Paste aja, dan huruf yang kita kehendaki akan muncul di dokumen kita. Berikut gambar Character Mapnya.

Cat: Pada Open Office, pilhan huruf yang mendekati huruf di mushaf AL-Qur’an adalah KacstBook dan KacstQurn. Aku paling suka menggunakan KacstBook. Hurufnya bagus 🙂  Silahkan mencoba. Semoga bermanfaat!

@campus

~saat menuju dingin~

Iklan

8 pemikiran pada “[Ubuntu 10.04] Menulis Bahasa Arab

  1. Di windows, saya lebih suka menggunakan font KFGQPC Uthman Taha. Font ini menurutku yang paling bagus di seluruh planet bumi bahkan lebih bagus dari Arabic Typesetting bawaan Windows 7.
    Sayangnya, waktu saya migrasi ke Linux, font ini kacau.
    KacstQurn dan KacstBook belum bisa menggantikan kebagusan font tersebut.

  2. Saya pernah mempunyai CD Al-Qur’an plus ada adhesive paper berupa huruf Arab untuk ditempel di keyboard. Sayangnya agak susah untuk mengaplikasikannya.

    Saya belum punya open office dan idak menggunakan ubuntu. Apakah ada cara lain agar bisa menulis Arab?

    Terima kasih infonya.

    Salam hangat dari Surabaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s