[Jepang dalam Foto] Kejernihan Air di Toyama

Alhamdulillah, beberapa waktu yang lalu berkesempatan mengunjungi Toyama dalam rangka menghadiri sebuah seminar. Di tengah-tengah hari-hari menghadiri seminar, berkesempatan mengunjungi sekitar kota Toyama. Yang paling mengagumkan adalah kejernihan airnya di sebuah bendungan di Toyama serta danau buatan dan selokan buatan di dekat tempat seminar, meski danau dan selokan tersebut berada di tengah-tengah kota Toyama.

Bahkan, selokan tersebut dijadikan salah satu wisata air, yaitu mengelilingi aliran selokan itu dengan menggunakan perahu. Meski sudah sering menemukan air yang begitu jernih di tengah-tengah pemukiman penduduk selama tinggal di Chiba, tapi tetap saja kekaguman itu menyeruak. Ah, seandainya di negeri kelahiran kejernihan air dijaga sedemikian rupa tentu tidak akan ada banyak berita banjir di mana-mana seperti saat ini.

danau buatan di depan tempat seminar

danau buatan di depan tempat seminar; dari sudut yang lain

danau buatan di depan tempat seminar; dari sudut yang lain lagi

Manajemen membuang sampah di Jepang memang sudah begitu bagus. Bahkan, ada terdengar gurauan di antara mahasiswa Indonesia yang sekolah di Jepang: buang sampah aja begitu repot di Jepang, mendingan di Indonesia tinggal buang aja. Benar sekali, membuang sampah di Jepang memang repot 🙂

Pengalaman hampir satu tahun tinggal di apartemen sekarang, ada jadwal sendiri untuk membuang sampah terbakar, sampah tidak terbakar, kertas dan pakaian bekas, barang-barang rumah tangga yang sudah tidak digunakan lagi dll. Bahkan, aku aja sering lupa dengan jadwal itu 🙂 Karena itulah selama satu tahun satu bulan tinggal di tempat sekarang, aku dan suami belum pernah membuang kertas-kertas bekas. Kertas-kertas itu masih kami tumpuk di gudang 🙂 Tapi, mungkin, manajemen pembuangan sampah yang sudah baik inilah yang menjadikan kejernihan air di Jepang terjaga.

selokan di dekat tempat seminar

perahu yang digunakan untuk wisata air

bendungan air di Toyama

Kita mulai juga yuk berbuat yang sama untuk air di negeri kelahiran kita. Bukankan kita mesti menjadi nenek moyang yang baik untuk anak cucu kita? Bumi Indonesia juga adalah hak milik keturunan kita.

@home, Sept 2010

~musim gugur telah mulai~

Iklan

30 pemikiran pada “[Jepang dalam Foto] Kejernihan Air di Toyama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s