[Jepang dalam Foto] Di dalam kereta

Sejak aku mengenal kereta saat kuliah di Yogya, aku langsung jatuh cinta dengan angkutan umum yang satu ini. Perjalanan pulang ke kampung halaman atau kembali ke Yogya saat lebaran atau libur semesteran, selalu diisi dengan keriangan singgah dulu ke Jakarta karena itu berarti aku akan menggunakan kereta dari Yogyakarta-Jakarta, dan Jakarta-Yogyakarta. Paling sering menggunakan kereta bisnis saat malam hari (nama keretanya lupa, Kereta Senja Utama? 🙂). Tapi, saat masa-masa tes penerimaan kerja di kantor sekarang, kereta ekonomi adalah pilihan tepat di kantong saat itu walaupun mesti duduk di lantai kereta beralaskan koran.

Saat di Bandung dan aku yang gantian mengunjungi suami yang sedang kerja di Jakarta, kereta tetap pilihan utama. Senang aja naik kereta, karena di kampung halaman tidak ada angkutan kereta :). Nah, sekarang tinggal di Jepang, kemana-mana memang naik kereta, wuah tambah jatuh cinta dengan angkutan yang satu ini.

Bedanya, kereta di Jepang, hingga saat jam sibuk pun sangat jarang terdengar orang mengobrol. Yang ada adalah orang membaca, tidur, main game atau menonton tv di hp. Saat kemarin, aku naik kereta dari statsiun terdekat pukul 4.48 pagi karena hendak mengejar penerbangan pagi untuk ke Toyama, keretanya sepi sekali. Jadilah, akhirnya mengambil beberapa foto di dalam kereta. Kalau saat keretanya ramai, mengambil foto di dalam kereta bukan pilihan yang tepat, karena pasti akan dianggap mengganggu ketertiban umum di Jepang.

Di bawah ini adalah foto-foto di dalam kereta di Jepang. Selamat menikmati!

di dalam gerbong kereta sambil membaca

di dalam gerbong kereta sambil membaca

iklan-iklan di dalam gerbong kereta (lihatlah kertas-kertas yang ditempel di sisi kiri dan kanan gerbong kereta serta kertas yang digantung di atap kereta, itu adalah iklan)

melihat iklan di dalam gerbong kereta lebih dekat

@hotel, Sept 2010

Iklan

52 pemikiran pada “[Jepang dalam Foto] Di dalam kereta

  1. kalo seneng naik kereta.. sama dong…
    lebih milih naik kereta daripada pesawat terbang.. heheh… takut tepatnya..

    kalo keretanya seperti itu.. nyaman.. makin seneng aja naik kereta.. 🙂

    • keretanya sepi karena saat foto diambil pada pukul 4.48 pagi. Coba klo aik kereta dari pada pukul 7-10 pagi dan 5-8 malam, dijamin gak akan dapat t4 duduk saking ramenya 🙂

    • bukan hanya ttg kereta, pak, tapi ttg pelayanan public dan angkutan massal di jepang, saya dan suami sering berandai-andai jika suatu saat kita pulang ke tanah air, kondisi di tanah air sudah sangat lebih baik dari sekarang 🙂

  2. wah sama mbak saya juga suka bepergian naik kereta.. rasanya ada romantika tersendiri hehe..
    tapi melihat kereta di jepang itu wah iriii deh saya, beda jauh ya.. keretanya bersih dan top deh hehe.. orang2 banyak yg membaca sedangkan di Indonesia malah dibilang aneh kalo baca di dalam kereta hehe..

    saya suka Jepang mbak dan salah satu negara yang ingin saya kunjungi itu ya Jepang 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s