Buku-Buku Bulan Ini

Hampir 2 tahun tidak pernah berkunjung ke pameran buku. Kangen juga rasanya. Sewaktu masih berada di Bandung 2 tahun yang lalu, hampir jarang melewatkan kegiatan pameran buku. Begitu juga saat masih kuliah di Yogyakarta. Selalu ada kangen untuk mengunjungi pameran buku yang tentu menawarkan buku-buku murah.

Bulan Juli 2010 ini, di Jepang ada pameran buku internasional. Lumayan jauh dari rumah, sekitar satu jam. Alhamdulillah  dapat tiket gratis untuk masuk ke pameran buku [di Jepang, untuk masuk ke pameran buku, kita mesti bayar sekitar 1200 yen]. Alhamdulillah ada teman yang bisa diajak ke sana, menggantikan tiket mas yang sedianya  juga ingin berkunjung ke sana. Tapi, apa daya, si mas mesti berada di labnya hari itu.

Pameran bukunya ramai sekali, karena sekalian digabung dengan pameran digital yang tentu berhubungan dengan dunia perbukuan. Yang menarik adalah hampir di semua stand di bagian pameran digital menampilkan piranti tercanggih untuk membaca e-book [salah satu contoh piranti ini bisa dilihat di sini]. Menurutku, cuma satu kelemahannya, harganya belum terjangkau untuk ukuranku sebagai mahasiswa di Jepang :D. Beberapa kedutaan asing, misalnya Arab Saudi, dan penerbit dari negara lain, misalnya dari Iran, Korea, negara-negara Eropa, juga ikut serta dalam kegiatan ini.

Alhamdulillah aku bisa mendapatkan beberapa buku murah di sebuah penerbit Iran. Bukunya yang tipis dan sepertinya sebagai bahan ajar bahasa Inggris untuk sekolah menengah hanya dijual seharga 100 yen. Yang membuat aku tertarik untuk membeli adalah adanya buku Children of Heaven. Setelah terkesima dengan filmnya beberapa tahun lalu, bagiku adalah sebuah anugerah bisa menemukan buku dengan judul yang sama dengan filmya :).

Buku-buku murah dari sebuah penerbit Iran

Di kedutaan Arab Saudi, aku mendapatkan begitu banyak buku-buku gratis, termasuk dua buah Al-Quran. Wuah senangnya!

Buku bahasa Inggris dan Al-Quran dari kedutaan Arab Saudi

Buku-buku bahasa Jepang dari kedutaan Arab Saudi [buku-buku ini belum bisa dibaca, pemahamanku tentang grammar bahasa Jepang, dan huruf kanji masih di titik 0 🙂]

Ada juga kartu pos-kartu pos  bergambar indah dari kedutaan Arab Saudi dan sebuah penerbit dari Bulgaria serta pembatas-pembatas buku cantik.

Kartu pos-kartu pos dan pembatas buku cantik

Selain itu, aku bisa juga mendapatkan katalog buku dan mainan edukatif untuk anak. Saat berkunjung ke stand mereka, terbayanglah wajah kedua ponakan di Indonesia [jadi kangen dengan keduanya 😀]. Sayangnya adalah buku-buku dengan bahasa pengantar bahasa Jepang masih mendominasi [yah iyalah yah, kan pameran bukunya diselenggarakan di Jepang 😀]

Yang menjadi akhir yang indah di bulan ini adalah hari Kamis-Jumat, 29-30 Juli 2010, ada bagi-bagi buku gratis di perpustakaan kampus. Kali ini alhamdulillah tidak ketinggalan infonya [setelah sedih ketinggalan info yang sama dua bulan lalu]. Buku-buku yang disediakan bisa diambil sebanyak mungkin. Kita hanya diminta untuk membawa plastik atau wadah lain. Beberapa orang bahkan menggunakan kardus ukuran besar sebagai tempat buku buruannya saking begitu banyaknya buku yang diambil oleh mereka [sepertinya kalau ada lagi kegiatan ini dua bulan yang akan datang, aku mesti memotretnya :)].

Buku-buku buruanku adalah di bawah ini. Masih sedikit. Buku pertama adalah buku biografi seorang ilmuwan Jepang. Buku kedua adalah sebuah novel. Buku ketiga adalah buku cerita pendek untuk anak yang ditulis dengan huruf hiragana dan katakana [tanpa terdapat huruf kanji]. Dua buku selanjutnya adalah buku penunjang untuk penelitianku [yang  tentu harus dipaksa untuk membacanya 😀]. Tiga buku terakhir adalah untuk mas, yang semoga bermanfaat untuk penelitiannya.

Buku gratis dari perpustakaan kampus

Seandainya aku udah bisa membaca huruf-huruf keritingnya Jepang, tentu lebih menyenangkan berburu buku gratis di perpustakaan kampus waktu itu 😀 Sayangnya perjalanan membaca itu masih panjang.

@home, July 2010

Iklan

46 pemikiran pada “Buku-Buku Bulan Ini

  1. wah wah wah … senangnya yang dapet buku gratis, kalau ada yang tidak terpakai, boleh tuh dishare sama Kutu (huu, maunyaa ^^)

    Klo di sini di mana yah yang sering ada acara bagi2 buku gratis gt, fyuhh

  2. kunjungan perdana!gak apalah agak telat di post satu ini. saya tertarik banget dengan pameran buku seperti yang mas gambarkan di atas. pameran buku internasional! kapan ya saya bisa berkunjung di pameran seperti itu….
    dan kapan pula saya bisa dapat buku2 gratis di akhir pameran. hehe 🙂

    salam akrab dari burung hantu
    titip salam buat saudara Indonesia yang ada di sana

    ditunggu kedatangannya di sarang

  3. Jadi ingat tiba2 kemarin suamiku mau kursus nihon go, pdhal nihonjin di perusahaannya dah pd bisa ngomong bahasa. Hmm.. katanya pingin kerja disana… hihihii.. trus aku bilang.. asyiklah aku jd bisa ktemu mbak fey 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s