Sakura dan Ume dalam Sebuah Perbedaan

Bunga sakura adalah impian masa kuliahku. Tahun kemarin tidak begitu banyak bunga sakura yang terabadikan dalam gambar. Alhamdulillah, musim semi kali ini, bersama dengan hasil bidikan mas, ada banyak gambar bunga sakura yang mengisi folder “My Picture” di komputerku. Cukuplah menjadi kenangan bersama sakura. Begitu banyak bunga yang bertunas, berkembang dan merekah di musim semi kali ini. Semuanya indah. Menghapus dingin yang membalut hari-hari berteman suhu di bawah sepuluh derajat.

Awalnya, begitu bingung saat menatap rekahan indah bunga-bunga di musim semi kali ini. Kadang semuanya di anggap bunga sakura. Padahal tidak. Di awal musim semi, juga merekah bunga ume. Tentang bunga sakura dan bunga ume, mas sudah membahas di blognya. Mas memang menekuni bidang biologi, hingga kini di pendidikan doktornya.

Kalau saja, mas tidak bertanya tentang perbedaan sakura dan ume yang bisa dikenali oleh orang awam, tentu juga tidak akan muncul pertanyaan tentang perbedaan keduanya. Adalah Sasa-san yang berbaik hati menjelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti, disertai dengan gambar dan tautan yang begitu jelas mengungkapkan perbedaan bunga sakura dan bunga ume.

Akupun menjadi tahu, jika pada ujung kelopak bunga sakura ada kelopak yang berbentuk huruf V, yang mana pada bunga ume kita tidak akan menjumpainya. Mahkota bunga ume berbentuk lingkaran saja. Juga dengan awal bunga keduanya akan muncul. Pada sakura, dari ranting pohon ada semcam tangkai dengan panjang sekitar 5 cm. Barulah pada ujung tangkai itu akan muncul rekahan bunga-bunga sakura yang menawan. Tapi, pada bunga ume, dari ranting pohonnya akan muncul langsung mahkota bunga. Yang sama dari keduanya adalah begitu menawannya mahkota-mahkota bunga-bunga itu dipandang. Tidak ingin henti menatapnya. Hingga nanti musim semi berganti.

Berikut adalah alur berkembangnya bunga sakura. Semoga juga bisa menawan pandangan mata teman-teman semua. Silahkan teman-teman klik gambar-gambar di atas. Ada judul gambar yang disertakan di sana untuk menikmati proses berkembangnya bunga sakura mulai dari kuncup sampai merekah. Perhatikan juga bentuk huruf V di ujung mahkota dan tangkai di awal merekahnya bunga yang indah ini. Itulah yang menjadi pembeda bunga sakura dan bunga ume. Ada juga beberapa gambar bunga ume  di tiga gambar terakhir. Semoga teman-teman juga bisa menikmatinya. Begitu indahnya ciptaan Sang Khalik.

@ home, April 2010

Iklan

45 pemikiran pada “Sakura dan Ume dalam Sebuah Perbedaan

  1. Ping balik: Autumn Trip to Hokkaido | .:creativega:.

  2. Subhanallah… cantiknya bunga sakura…
    Pingin liat langsung, katanya di Cibodas ada pohon sakura, tapi kesana juga belum sih…
    Kalo pulang ke Indonesia bawain ya mbak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s