Sadou dan Origami

Masih dalam rangka mengisi waktu pacaran bersama suami. Sebelum mengikuti kegiatan home visit, aku dan suami juga mengikuti kegiatan pengenalan budaya Jepang yang lain. Sadou dan origami. Sadou adalah upacara minum teh ala Jepang. Biasanya dilakukan di ruangan tertentu. Lebih banyak tentang sadou silahkan baca lebih detail di sini. Sedangkan origami adalah seni melipat kertas ala Jepang. Anak-anak usia taman kanak-kanak di Jepang, senang belajar origami ini. Aku juga. Ada kebahagiaan tertentu di hatiku saat bisa membentu sesuatu dari selembar kertas.

Senang sekali mengikuti kegiatan ini. Apalagi bersama dengan suami 🙂 Pertama kali, kami mengikuti kelas origami. Kelas besar yang dibagi dalam kelompok-kelompok meja yang beranggotakan sepuluh orang, Kali ini yang diajarkan oleh para pengajar adalah membentuk kapal yang dinakhodai oleh seorang laki-laki Jepang dan ditemanin oleh permaisurinya. Aku juga membuat origami ini. Suami juga. Kebahagiaan kami saat bisa menyelesaikan origami itu layaknya kebahagiaan seorang anak kecil 🙂 Di bawah ini adalah gambar origami kami.

origami buatanku dan suami 🙂

Setelah itu, aku dan suami mengikuti upacara minum teh ala Jepang, sadou. Upacara ini tidak dlakukan di ruangan khusus, hanya pada sebuah meja. Antriannya cukup lama. Sepertinya, seluruh peserta ingin mengikuti rangkaian upacara minum teh ala jepang itu. Semua peserta begitu antusias. Setelah giliranku dan suami, aku mengambil posisi dekat dinding. Ternyata, kalau peserta menduduki tempat duduk ini, tehnya akan dibuatkan khusus melalui upacara sendiri. Sedangkan peserta yang, tehnya akan dibuatkan secara bersamaan. Wah, senangnya minum teh jepang langsung dari gelas yang cantik itu. Juga saat melihat rangkaian pembuatan teh itu satu demi satu.

Saat minum teh akan berlangsung, aku tidak tahu mesti bagaimana dengan gelas cantik yang sudah berada di telapak tanganku itu. Peserta yang lain, termasuk suami sudah langsung meminumnya. Kutanyakan kepada petugas yang tadi membuatkan tehku. Dia mengajariku. Gelas wadah teh yang cantik itu mesti diputar dua kali ke arah kanan, lalu tehnya diminum. Kuikuti petunjuknya. Hmm, sedap rasanya. Setelah meminum teh dari wadah yang cantik itu ternyata wadah itu mesti diputar dua kali lagi, berbalik arah dengan arah putaran sebelum meminum teh tadi. Kulakukan juga. Hmm, pengalaman yang berkesan. Dan inilah rangkaian foto-foto minum teh kami. Selamat menikmati 🙂

suasana minum teh

Karena foto minum tehnya kurang banyak, aku menambahkan bunga sakura yang baru mekar di awal musim semi ini. Foto itu hasil bidikan suami. Juga ada foto tumpukan salju yang diambil oleh seorang teman saat kita berski ria di musim dingin tahun lalu.

@ home, March 2010

Iklan

19 pemikiran pada “Sadou dan Origami

  1. waktu acara minum teh, mba Fety dpt cangkir motif apa? kabarnya cangkir yg diberikan menunjukkan “kepribadian” si pengguna, hehe..bener ga sih.. 😛

    • iya, mbak akin, biar rada beda dengan mbak akin 😀
      apalagi ada gambar bunga sakura yang lumayan bagus hi..hi..
      dulu pertama kali coba teh jepang juga agak pahit rasanya mbak akin, tapi lama-lama enak loh rasanya. lumayan mengurangi tingkat penggunaan gula.

    • artinya lupa ditanya bu he..he..ntar deh klo ikut sadou lagi, insyaAllah ditanyain artinya bu.
      rasanya tehnya tawar bu, tapi enak. tehnya itu teh hijau, bu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s