Orang Jepang Pintar?

Pada suatu hari, di chat room, terjadi perbincangan berikut ini antara aku dan seorang adik angkatan sewaktu kuliah dulu. Saat itu dia bertanya tentang beasiswa ke Jepang. Dia bermaksud melanjutkan sekolahnya ke Jepang. Saat ini dia berkerja di sebuah perusahaan minyak terkemuka di Indonesia. Dan sampailah kami di percakapan di bawah ini.

Dia : Mbak, orang Jepang itu pintar-pintar yah?

Aku : Sama aja dek dengan orang Indonesia. Tapi, bedanya, menurut mbak fety, mereka tekun saat melakukan sesuatu. Wong, saat kuliah atau seminar, mereka juga sering tidur.

Bukan tanpa alasan aku menjawab seperti itu. Aku ingat, di suatu hari, saat masih berseragam abu-abu, seorang guru SMUku bilang ke kami, anak-anak SMU di kota kelahiranku.

Kalian tahu? Semua orang itu adalah pintar. Yang membedakannya adalah fasilitas yang dipunyai olehnya, begitu guruku berujar. Kalimat itulah yang menginspirasi sebuah kata-kata sakti  yang ditulis di halaman depan sebuah diary, kira-kira sembilan tahun yang lalu.

Kesuksesan yang diraih dengan fasilitas yang memadai adalah biasa, tapi kesuksesan yang diraih dengan fasilitas yang hampir tidak ada adalah luar biasa, begitulah bunyi kata-kata bijak itu. Di buat untuk diri sendiri.

Saat ini, setelah hampir sepuluh tahun meninggalkan bangku SMU, aku percaya dengan semangat dari guru SMUku: bahwa semua orang memang pintar, fasilitas pendukunglah yang membedakan pencapaian setiap orang.

@home, Jan 2010

Iklan

6 pemikiran pada “Orang Jepang Pintar?

  1. dan saya pun percaya bahwa stiap orang itu pintar dan istimewa.
    krn dr awal telah berjuang utk menjadi yg terbaik, sejak sperma berjalan menemui ovum, kita telah berjuang melawan yg lain, hingga akhirnya menjadi pemenang menjadi janin di perut ibu kita.
    kita semua memang terlahir sebagai pemenang.
    salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s