Menggabungkan File-File PNG ke Sebuah File PDF

Saya sedang mengolah data harian medan magnetik untuk memonitoring keberadaan anomali-anomali medan magnetik sebelum terjadinya gempa. Data tersebut adalah data monitoring harian selama kurun waktu 4 tahun, saya simpan dalam format .png. Whuahh, kebayang kalo saya harus ngeprint satu lembar-satu lembar untuk mengecek kualitas datanya. Akhirnya browsing di internet dan menemukan perintah yang membantu banget: convert

Misalkan saya punya file input01.png s.d. input365.png, maka semua file itu bisa saya gabungkan dalam satu file pdf dengan menggunakan perintah :

convert input*.png output.pdf

Tralala…jadilah semua file dalam sat file pdf dan tinggal diprint.

Kebalikannya, jika kita ingin membagi file pdf menjadi bbrp file png bisa dilakukan dengan perintah berikut ;

convert output.pdf input%4d.png

%4d berarti kita ingin menamai file output dengan 4 digit, misalnya input1.png – input999.png

Perintah di atas bisa digunakan dalam banyak format data, jpeg, tiff, dan yang lainnya. Juga, ada banyak lagi perintah yang bisa digunakan untuk mengedit gambar, silahkan kunjungi link ini atau websitenya imagemagick.

Met mencoba..

2 thoughts on “Menggabungkan File-File PNG ke Sebuah File PDF

  1. wah, kepengen nyoba, secara saya pun selalu berhubungan dengan file pdf dan jpeg. thanks ya atas sharingnya. anda memang LUAR BIASA! ^_^V

    fety: tapi, perintah itu untuk Linux, Bang. Untuk Windows, banyak kok program yang sudah tersedia. Coba aja search di google dengan kata kunci merge jpeg to pdf.

Tinggalkan Balasan

