[SPIdJ] Buanglah Sampah Sesuai dengan Pesanan

Hari Selasa, 17 April 2012, di Chiba University adalah hari membuang sampah. Aku membaca hal itu melalui email yang dikirimkan ke seluruh mahasiswa/i di lingkungan fakultas sains beberapa hari sebelumnya. Di hari itu, di labku, seluruh mahasiswa/i diminta keikutsertaannya untuk membantu membuang sampah ini.

Sampah-sampah yang dibuang di hari ini adalah seluruh sampah-sampah seperti komputer atau printer atau mesin fax yang sudah rusak, kursi atau meja yang sudah tidak terpakai lagi, bekas stereofoam saat kita membeli alat-alat elektronik, botol-botol alat kimia dan barang-barang lain yang termasuk kategori bukan sampah botol atau sampah terbakar.

Di hari itu, seluruh anggota labku diminta berkumpul pukul 12.50 JST. Alhamdulillah bisa datang tepat waktu sehabis menyusui Fatah di sekolahnya yang mempunyai waktu tempuh 15 menit dengan sepeda dari kampusku.

Teman-teman lab sudah mulai mengangkut-angkut barang-barang yang akan dibuang siang itu. Di tempat pembuangan sampah telah banyak juga orang yang berkumpul. Tujuannya sama : untuk membuang sampah :)

Seorang Sensei (baca: professor yang mengajar di fakultasku) mulai mendatangi beberapa kelompok mahasiswa yang menunggui tumpukan barang-barang yang akan dibuang itu dengan membawa beberapa lembar kertas dan menggenggam pulpen di tangannya. Ternyata, beliau bertugas untuk mengecek apakah barang-barang yang akan dibuang di hari itu sesuai atau tidak dengan daftar yang telah dikirimkan sebelumnya oleh setiap penanggung jawab di lab masing-masing.

Untuk memasukkan barang-barang ini ke tempat pembuangan sampah yang sudah dibagi berdasarkan beberapa kategori (yaitu sampah terbakar, sampah kertas, sampah botol, sampah barang-barang besar), mesti melewati pengecekan dari beliau dulu.

Akhirnya, sang professor ini sampai di aku dan teman-teman lab menunggui barang-barang yang akan dibuang oleh lab kami. Satu demi satu beliau mengeceknya. Setelah dicek, kami mulai membawa barang-barang yang akan dibuang itu sesuai dengan tempat pembuangannya.

Professor (A) : Tunggu dulu. Barang yang itu tidak ada di daftar ini *menunjuk tumpukan triplek yang akan dibuang oleh teman labku*

Asisten Profku (B) : Oh yah *melongok ke daftar*

A : Iya. Barang yang ini (baca : tumpukan triplek) dan barang yang itu (baca : kantong plastik  yang berisi telpon dan beberapa mouse yang sudah tidak dipakai lagi) dibuangnya bulan depan yah.

Wuah, baru tahu aku kalau sistem pembuangan sampah di kampus Chiba University mesti sesuai dengan daftar yang telah dikirimkan terlebih dahulu ke Professor penanggung jawab :D

Sistem pembuangan ini bukan hanya berlaku di kampus tapi di seluruh Jepang. Bedanya, untuk pembuangan sampah rumah tangga kita mesti tahu hari pembuangan sampah. Tidak bisa setiap hari membuang sampah di Jepang. Misalnya untuk pembuangan sampah yang berlaku di Chigusadai, tempat kami tinggal, hari Rabu dan Sabtu adalah hari untuk membuang sampah terbakar. Hari jumat adalah hari untuk membuang sampah botol dan kaleng. Hari Senin minggu pertama dan minggu ketiga adalah hari untuk membuang sampah tidak terbakar (misalnya perlengkapan masak yang sudah tidak terpakai lagi, piring-piring, gelas dll) dan sampah-sampah berbahaya (misalnya baterei, lampu dll). Baju-baju dan kertas yang tidak dipakai lagi dibuang setiap hari Senin minggu kedua dan ketiga.

Ribet? Pastinya iya :) Karena kalau salah membuang sampah jangan berharap sampah kita akan diangkut oleh petugas sampah dan kita mesti membawa pulang lagi sampah-sampah tersebut :)

Tapi, efeknya adalah kita bisa melihat bersihnya lingkungan rumah di Jepang. Ini adalah persepsi pribadiku :)

@kampus, April 2012

About these ads

8 pemikiran pada “[SPIdJ] Buanglah Sampah Sesuai dengan Pesanan

  1. Wah kereeeeen! Aku suka sistem seperti ini loh mbak! Daripada buang sampah nyampur2 gitu gak terorganisir, akhirnya gak terkelola dengan baik. Klo dikelompokin kan bisa langsung diproses untuk daur ulang atau untuk yang lain kan yak? Indonesia seharusnya mencontoh sistem pembuangan sampah seperti ini d(^_^)b

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s